Kamis, 20 November 2008

BISNIS INTERNET

Internet, kadang disebut sebagai lalulintas informasi yang sangat cepat, menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia yang tidak dibayangkan oleh para pemikir sebelumnya. Dengan peningkatan yang sangat tajam, bisnis-bisnis di seluruh dunia melihat peluang akan keberhasilan yang ditampakkan dari media baru tersebut.

Beberapa perusahaan melihat bahwa internet adalah peralatan yang utama untuk mempercepat proses bisnis mereka saat ini. Perusahan lain melihat bahwa dengan internet mereka dapat membuat sumber-sumber pendapatan baru. Para ahli mengatakan tentang transaksi bisnis saat ini, prasarana layanan pelanggan untuk membeli atau menjual barang/jasa, dapat diselenggarakan lewat sarana internet.

Internet adalah suatu network yang sangat besar yang dibentuk dari hubungan antar jaringan komputer dan komputer tunggal ke seluruh dunia, lewat kabel telepon, satelit dan sistem komunikasi lainnya. Internet memiliki pusatnya di ARPAnet, yang didirikan oleh Advanced Research Project Agency. Yang awalnya adalah merupakan penelitian dan jaringan pertahanan yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika, pada awal tahun 1970-an. untuk meneliti sistem jaringan dan mengijinkan para ahli dan peneliti untuk mengadakan penelitian di bidang pertukaran komunikasi dan data yang digunakan untuk keperluan lain. Salah satu hasil dari inisiatif yang dikembangkan dari proses perjalanan data lewat berbagai jalur menggunakan beberapa unit data yang disebut dengan packets, tujuan alamat setiap packet dibangun ke dalam strukturnya. Metode-metode ini menjadi standar yang saat ini dikenal sebagai : Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP), dan bentuk bahasa yang biasa digunakan untuk memungkinkan berbagai macam komputer dan jaringan untuk saling berinteraksi.

Kemudahan untuk Bisnis

Internet menjadi lebih mudah untuk pemakaian pribadi atau bisnis. Awalnya, aktifitas bisnis di internet sangat terbatas, tetapi sekarang, tidak hanya bisnis yang bisa dijalankan di internet, yang menjalankan suatu layanan yang banyak sekali. Akses bisnis, sebelumnya lebih ke sisi kontrak pemerintahan saja, sekarang tersedia untuk semua jenis usaha. Bisnis sekarang dapat dijalankan 24 jam sehari, selama 7 hari seminggu, di seluruh dunia.

Kemudahan untuk Masyarkat

Dulunya, setiap orang harus belajar banyak sekali sistem internet agar bisa menggunakan sumber-sumber internet secara penuh. Hal itu termasuk mempelajari hal dan kode-kode dari : FTP, Archive, Gopher, Veronica and WAIS. Sekarang, bagaimanapun, telah dibanjiri oleh pertumbuhan WWW di internet, telah ada program yang telah dibuat untuk menterjemahkan antara Anda dan sitem internet diciptakan. Program tersebut adalah "browsers," yang menyediakan suatu keseragaman, kemudahan dipelajari untuk menjalankan suatu sistem yang berbeda-beda di dunia Internet.
Kesempurnaan untuk Pemasaran & Penjualan

WEB adalah sebuah sistem di internet yang memungkinkan setiap orang untuk 'tampil' selama 24 jam sehari. Khususnya dokumen yang ditempatkan di komputer yang tersambung di internet sepanjang hari. Orang lain, lewat internet bisa menggunakan salah satu program browser untuk melihat dokumen tersebut. Mereka meng'browse' internet dengan membaca tulisan, gambar, warna, film, suara atau program interaktif lainnya, yang lebih menarik daripada aktifitas bisnis biasanya. Orang yang melihatnya, menunjukkan aktifitasnya dengan cara memilih beberapa pilihan dengan mengarahkan dan menentukan pilihannya lewat mouse, dan akhirnya komputer internet yang memprosesnya meresponnya berupa suara, daftar atau tampilan lainnya yang sesuai dengan pilihannya dan dikirimkan kepadanya.
Berikut adalah beberapa kemungkinan dari kegiatan pemasaran dan penjualan lewat WWW :

Katalog virtual yang terdiri dari tulisan dan gambar berwarna, mudah untuk diperbaharui dengan cepat sehingga orang lain dapat mengetahuinya dengan segera.
Formulir Pemesanan di layar komputer.
Layanan pelanggan secara Online, didukung dengan informasi gambar, foto, suara dan tulisan
Distribusi produk dan pengumuman bisnis secara global, tanpa biaya mencetak dan kirim.
Formulir tanggapan, permintaan dan survei, dengan data yang dikumpulkan dalam suatu dokumen yang bisa digunakan sesuka Anda.
Kini, untuk melakukan bisnis di Internet, adalah suatu prioritas di WWW. Mulai dari pembuat kursi dapur smapai dengan konglomerat dunia, ingin menampilkan bisnisnya lewat dunia cyber di Web. Terdapat beberapa fungsi dan aktifitas bisnis yang dapat diajak untuk menggunakan web. Termasuk komunikasi (internal dan eksternal), distribusi dan manajemen informasi, hubungan masyarakat, layanan pelanggan, bantuan teknik, pendidikan, pemasaran dan penjualan.

Tidak ada komentar: